Kamis, 23 Juni 2016

Kelemahan dan Cara Mensiasati Kartu Kredit 


Kelemahan dan Cara Mensiasati Kartu Kredit -Di zaman yang serba canggih ini semua pembayaran bisa dilakukan hanya dengan cara cash dan gesek tunai pluit menggunakan kartu kredit. Banyak yang menggunakan kartu kredit untuk transaksi  secara onine ataupu di toko secara langsung.
  Kartu kredit kini sudah menjadi gaya hidup, kecenderungan masyarakat menggunakan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran sudah sangat lazim. Kartu kredit memberikan kemudahan dalam pembayaran yang bisa berupa kredit cicilan. Walaupun kartu kredit memiliki banyak fungsi seperti gesek tunai pluit yang kegunaannya untuk mempermudah dalam transaksi, tetapi juga memiliki kelemahan antara lain:

 1. Rawan akan  tindak pembohongan ketika bertransaksi Kartu kredit ini sangat rawan dengan pemalsuan transaksi yang dilakukan oleh pihak toko yang tidak bertanggung jawab. Contohnya melakukan gesekan pembayaran lebih dari satu kali sebelum kita tanda tangani, sehingga mereka bisa meminta tagihan 2 kali ke pihak bank dengan menggunakan tandatangan kita tersebut.

  2. Rawan akan penipuan secara online Pada saat kita bertransaksi fia online dengan menggunakan kartu kredit sangat rentan sekali dengan penipuan yang dilakukan oleh pihak toko online yang tidak bertanggung jawab. Mereka bisa saja mengirimkan tagihan pembayaran kepada pihak bank tetapi mereka tidak mengirimkan barang belanjaan atau pesanan konsumennya.

  3. Boros Kartu kredit memberikan dan memenuhi kebutuhan akan uang yang kita inginkan. Kita bisa belanja tanpa harus memiliki uang tunai terkadang membuat kita tidak sadar sudah seberapa banyak jumlah uang yang dikeluarkan dan nantinya harus membayar bunga kredit dari kartu kredit tersebut.

4. Fee transaksi yang mahal. Ketika mengambil uang di mesin ATM, jumlah fee yang harus dikeluarkan berkisar antara 30 hingga 40 ribu.

Sebagai konsumen kita haruslah smart dan teliti sebelum mengambil keputusan yang tepat untuk menggunakan kartu kredit seperti pada saat belanja dengan melakukan transaksi gesek tunai pluit. Selain itu, kita juga diharapkan bisa mengguanak dari kartu kredit tersebut secara bijak. Agar tidak mengalami berbagai macam kelemahan yang dimiliki oleh kartu kredit tersebut, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Kartu kredit merupakan pinjaman Setiap transaksi yang dilakukan merupakan hutang yang harus dibayar jadi harus menggunakan kartu kredit secara bijak dengan cara menggunakan tidak melebihi batas kemampuan untuk membayarnya.

2. Bunga kartu kredit itu besar atau tinggi Buna kartu kredit yang biasanya disampaikan oleh pihak bank merupakan bunga kredit perbulan bukan pertahunnya jika di kalkulasikan ternyata sangat tinggi dibandingkan dengan bunga depsito ataupun bank-bank umum lainnya.

 3. Membayar hutang sebelum jatuh tempo Dengan membayar kartu kredit sebelum jatuh tempo, akan menghindarkan kita dari Bunga kredit dari kartu kredit tersebut.

 4. Berhati-hati sebelum transaksi Memperhatikan input nominal yang dimasukkan oleh pihak toko dalam tiap transaksi yang kita gunakan dengan kartu kredit. Mengamati berapa kali kartu kredit tersebut di gesek  oleh pihak toko.

5. Menghindari transaksi online Sebisa mungkin menghindari transaksi secara online yang menggunakan kartu kredit sehingga bisa meminimalisasikan resiko terkena penipuan.

 Itulah beberapa trik yang perlu dilakukan untuk mengatasi beberapa kekurangan dari kartu kredit yang biasanya kita gunakan tersebut. Dengan meminimalisasikan kelemahan dari kartu kredit pada saat bertransaksi online maupun secara gesek tunai pluit, kita bisa sedikit terbebas dari hutang-hutang kartu kredit dengan menerapkan beberapa langkah yang telah dijelaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar