Kamis, 23 Juni 2016

Rahasia yang Ada Dalam Nomor Kartu Kredit  


Rahasia yang Ada Dalam Nomor Kartu Kredit-Tarik tunai pluit- Setiap kartu kredit dari bank apapun pasti memiliki nomor atau kode. Umumnya dalam kartu kredit seperti tarik tunai pluit akan tertera 16 angka. Ternyata angka ini bukan sembarang angka, tetapi dibalik angka tersebut tersimpan rahasia yang unik.  Untuk 6 angka pertama disebut kode jenis kartu kredit atau issuer identifier.
 Apabila 6 digit tersebut dimulai dengan angka 5 maka kartu kredit tersebut dari jenis MasterCard, jika 4 maka berjenis Visa. Kemudian untuk 1 angka terakhir dari 16 digit pada kartu kredit disebut check digit yang berfungsi sebagai validasi untuk pengecekan nomor kartu kredit tersebut. Sebab 6 digit angka awal serta 1 angka terakhir telah mempunyai 1 arti, sehingga 9 digit angka di tengah yang tersisa memiliki fungus untuk account number.
Karena dari 9 digit account number pada kartu tarik tunai pluit tersebut hanya ada 10 angka kemungkinan (yakni 0 hingga 9) yang dapat dimasukkan pada tiap digit, maka kombinasi untuk 9 digit yang dihasilkan tersebut memiliki satu miliar kemungkinan nomor untuk setiap jenis kartu kredit baik MasterCard maupun Visa.

 Untuk algoritma yang digunakan guna menghasilkan 16 deretan nama pada nomor credit cars tersebut disebut sebagai Mod 10 atau Luhn. Hans Luhn dari IBM, pada tahun 1954 merupakan seseorang yang mengusulkan pertama kali pengaplikasian algoritma untuk mengetahui valid dan tidaknya sebuah nomor pada kartu kredit. Adapun cara kerja algoritma yang sederhana tersebut adalah berikut ini:
1. Diawali dari digit yang pertama, angka yang menempati digit ganjil seluruhnya dikalikan 2. Jadi semuanya terdapat 8 angka yang akan dikalikan 2 yaitu angka ke: 1, 3, 5, 7, 9, 11, 13 serta 15.

2. Bila hasil perkalian 2 itu didapatkan angka yang totalnya 2 digit yakni: 10, 12, 14, 16 serta 18, lalu jumlahkan setiap digit angka untuk mendapat 1 digit angka yang baru. Jadi langkah pertama dan kedua tetap menghasilkan 8 digit angka baru.

3. Untuk tahap selanjutnya, seluruh angka dari nomor kartu tarik tunai pluit yang ganjil digantikan dengan 8 angka yang baru tadi supaya mendapat 16 deretan angka yang baru.

 4. Tahap terakhir adalah menjumlahkan seluruh angka yang berjumlah 16 tersebut. Bila hasil penjumlahan adalah kelipatan 10, maka nomor kartu kredit tersebut adalah valid.Namun jika buka kelipatan 10 maka nomor kartu tersebut tidak valid.

Yang dimaksud valid diatas adalah valid secara algoritma atau perhitungan matematika. Bukan berarti kartu tarik tunai pluit anda merupakan nomor kartu kredit yang pasti asli. Hal ini karena untuk proses pengecekan kartu kredit misalnya saat transaksi online tidak hanya diperlukan nomor kartu kredit saja namun juga card security code dan expire date.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar